Jumat, 08 Juli 2016

Jasmerah Almarhumah Ibu B. A. Nisnoni-Amalo-Djawa

Almarhumah Ibu Bertje Adeleida Nisnoni-Amalo-Djawa, lahir di Feopopi, Termanu Rote pada tanggal 28 maret 1911. Almarhumah menikah dengan Don A. Nisnoni pada tanggal 26 Juni 1935 di Seba, Sabu. Ayahnya bernama J.J. Amalo dan ibunya Elisabeth Manubulu. Pada umur 4 tahun di angkat ke Sabu oleh Bapak Samuel Thomas Djawa dan ibu Angke E. Manubulu (Mama kecil/tante)
Beliau pernah bekerja sebagai Staf pada kantor Walikota Malang. Guru HIS di Kupang. Aktif dalam kegiatan membangun Gereja di Camplong. Pendiri organisasi wanita pertama di Timor dengan nama Pendirian Ibu. Wakil ketua NERKAI. Merintis berdirinya sekolah kepandaian putri (SKP). Pengurus Wakil ketua PMI Indonesia di Timor. Mengembangkan tenun ikat tradisional. Mengembangkan kerajinan anyaman. Anggota dewan pertimbangan Siaran RRI dengan hasil perjuangan berdirinya RRI Studio di Kupang. Anggota DPR daerah Timor. Anggota DPR Propinsi NTT dan masih banyak lagi yang dilakukan termasuk melakukan misi kebudayaan ke Darwin.
Pada tahun 1955 membentuk organisasi dalam bidang seni budaya yaitu Lembaga Kebudayaan Indonesia (LKI) Yang berhasil menciptakan 3 jenis kreasi tarian yaitu Tari Cerana dan Meminang ciptaan Almarhum dan penyempurnaan Tari Likurai. Pagelaran LKI didalam dan di luar negeri antara lain di Kupang, dan daratan Timor, PON V Bandung, Ganefo Jakarta, Kongres Pemuda Surabaya, dan Australia di mana Almarhumah bertugas sebagai official dan koreografer.
Pada tahun 1976 terpilih sebagai Ibu Teladan 1 Propinsi NTT Dan terpilih sebagai Ibu Teladan 1 tingkat Nasional di Jakarta. Bersama ibu Nelly Adam Malik memperoleh penghargaan Satya Lencana Bhakti Sosial dari Presiden RI. Menerima penghargaan dari Palang Merah Negeri Belanda.
Almarhumah meninggal pada hari rabu tanggal 9 Januari 1991 kurang lebih pukul 04.30 WITENG dini hari di RS Prof. DR. W.Z. Johanes Kupang. Beliau meninggalkan 4 Putera dan 2 Puteri.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search