Senin, 11 Mei 2020

OE SINA BEACH, KABUPATEN KUPANG-NTT

Pantai Air Cina merupakan salah satu pantai di Nusa Tenggara Timur yang keindahannya kerap disandingkan dengan Pantai Dreamland di Pulau Dewata, Bali-Indonesia. Pantai ini memiliki air kebiruan dengan lautnya sangat tenang. Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan disini seperti berenang, bersantai di lopo sederhana atau dibawah pepohonan yang ada disekitar pantai, dan juga melihat aktifitas nelayan rumput laut. Masyarakat sekitar memanfaatkan pantai ini untuk menanam rumput laut yang menjadi salah satu mata pencaharian mereka. Jadi, jangan heran jika anda akan menemukan lapak  sederhana disekitar pantai yang digunakan untuk mengeringkan rumput laut dan juga botol-botol mengapung dilaut yang terikat dengan  tali  untuk mengikat rumput laut. Bagi kita yang hendak melakukan aktifitas diair  dilarang untuk mendekati area budidaya rumput laut. Pantai ini juga menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang menyukai kegiatan memancing. Menanti matahari kembali keparaduannya menjadi salah satu aktivitas pilihan lainnya.
Lokasi disekitar pantai ini didominasi oleh penghuni dari pulau paling selatan Indonesia, Rote. Tidak heran jika nama pantai ini menggunakan bahasa Rote “Oe Sina” atau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia “Air Cina”.  Ada cerita menarik dibalik nama Air Cina, di internet dikatakan bahwa penamaan tersebut karena dahulu kalah pantai ini merupakan tempat pendaratan orang asing. Namun, berdasarkan informasi dari salah satu penjaga pantai ini Pak Nikson, hal ini tidak benar karena tidak ada mampu membuktikan kebenarannya. Menurut penuturan beliau,sekitar tahun 1718 pantai ini masih sangat alami dan ditumbuhi oleh ilalang. Disekitar pantai ini terdapat kuburan leluhur penghuni setempat. Disekitar kuburan ini terdapat sumur yang menjadi asal kata penamaan “Oe” yang artinya air sedangakan kata “Sina” karena disekitar sumur terdapat pohon “damar putih”.
Saat ini Pantai Air Cina atau Oe sina telah dikelolah oleh masyarakat dengan memanfaatkan program dana desa. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti, lopo, tempat duduk, tempat sampah, toilet, kamar bilas dan aula. Harga tiket masuknya terjangkau hanya Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat, tidak termasuk biaya menggunakan fasilitas yang tersedia seperti aula, kamar mandi dan kamar bilas. Letak pantai oesina/air cina di desa Lifuleo, Kabupaten Kupang, sekitar 30an KM atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Kupang. Tidak ada kendaraan umum menuju pantai ini sehingga kita harus menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan yang cukup baik. Pantai Air Cina searah dengan Pantai Tablolong, terdapat penujuk jalan yang akan memudahkan perjalanan atau dapat juga menggunakan google  maps. Penjual makanan atau minuman juga hanya ada saat hari sabtu dan minggu saja. Lokasi wisata lain yang searah dengan pantai ini adalah Air Terjun Oenesu, Boneana, Danau Tuadaale, dan Tablolong beach.

LET'S VISIT AND KEEP CLEAN !!!!






Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search