Sabtu, 01 Juli 2023

GUA LIE NAHORO, SABU RAIJUA-NTT

 

Gua ini termasuk objek wisata baru yang mulai dikenal dan dipromosikan ditahun 2023. Gua ini memiliki ukuran yang lebih luas di banding dua gua lainnya, awalnya dikenal dengan nama Lie Malawa yang dalam bahas local berarti gua wallet.  Namun, saat ini dikenal dengan nama Lie Nahoro. Nahoro sendiri adalah nama salah satu suku yang mendiami wilayah sekitar gua. Tersedia tangga dari semen untuk akses masuk kedalam gua dengan mulut gua yang terbuka, ada juga salah satu bagian gua yang terbuka, dan menjadi pintu masuk cahaya. Bagian ini bagus untuk dijadikan spot foto menarik saat pukul 11.00-13.00 WITA dimana cahaya matahari tepat menerobos masuk. Gua dengan luas sekitar 40 meter persegi ini memiliki sekitar 7 ruang yang cukup gelap, sehingga diperluhkan bantuan center saat berkunjung. Daya tarik utama dari objek ini adalah staktik dan stalakmit yang begitu banyak, beragam bentuk dan ukurang yang dijamin bikin takjub. Gua ini bahkan masuk menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023, kategori Destinasi Baru.

Dari Kota Seba hanya diperluhkan waktu sekitar 20 -30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi, terdapat papan penunjuk jalan dibagian kiri jalan. Begitu tiba, kita harus berjalan kaki lagi sekitar 200 meter untuk mencapai mulut gua. Gua ini dapat disinggahi saat hendak berkunjung kea rah objek wisata Kelabba Maja dan Bukit Kapur Mesara. Akses menuju Pulau Sabu tersedia transportasi Udara dengan menggunakan pesawat Susi Air, atau menggunakan jasa pelayaran ASDP setiap hari senin atau menggunakan Kapal Cantika dari Pelabuhan Tenau Kupang setiap hari Senin, Rabu, Jumat pukul 22.00 WITA. Harga Tiket Kapal Cantika 320.000 untuk kelas Ekonomi, tambahan 200K untuk VIP dan 500K untuk VVIP.

Dok. Juni 2023







Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search