Senin, 11 Maret 2019

TOURISM POTENTIAL OF SOUTH AMFOANG, EAST NUSA TENGGARA-INDONESIA

Amfoang Selatan merupakan salah satu kecamatan  yang ada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Luas daerahnya 212,64 KM2 dengan satu kelurahan dan 5 desa.  Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menikmati keindahan alam khususnya di Kelurahan Lelogama yang juga merupakan Ibukota Kecamatan Amfoang Selatan. Akses jalan menuju daerah ini menjadi tantangan tersediri karena pada beberapa ruas jalan yang rusak dan licin. Dari Kota Kupang diperluhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan, saat tiba di Pos Polisi Takari, silahkan ambil jalur kiri.  Waktu berkunjung terbaik adalah saat musim panas. Perjalanan yang cukup melelahkan seolah terbayar dengan keindahan alam yang masih alami.

Spot pertama yang akan dilewati adalah deretan pepohonan ampupu yang berbaris rapi seolah menyambut kedatangan kita





Berikutnya sebuah spot perbukitan yang dikenal dengan nama Padang Humon. Tempat ini begitu sempurna dangan view alam yang tak cukup untuk diungkapkan dengan kata-kata. Sejauh mata memandang kesegalah sisi yang ada hnayalah hamparan hijau bak karpet dengan hiasan pegunungan, bukit, pepohonan, hewan yang bekeliaran bebas dan udara yang sejuk.



Jangan lupa mampir ke FatApel yang merupakan sebuah bukit yang juga menawarkan pemandangan alam yang menyegarkan mata.





Keindahan alamnya yang hijau seolah tak kalah dengan pemandangan alam yang ada di daerah Fatumnasi didaerah Soe yang lebih banyak dikenal.


Di daerah Amfoang juga terdapat salah spot indah yang unik dengan kombinasi air terjun yang mengapit sebuah tebing tinggi yang sangat indah. Keunikannya terletak pada susunan dinding yang nampak seperti susunan batuan alam yang tersusun rapih dan indah yang pada bagian bawah mengalir air yang akan membentuk air terjun dibagian bawah. Sama seperti tempat lainnya, lokasi ini juga belum dikelola menjadi objek wisata. Tempat ini dikenal dengan nama Bonij yang dalam bahasa setempat berarti Air Terjun yang lebih dikenal dengan nama Batu Basusun yang masuk dalam wilayah RT 002 / RW 001. 








Di daerah Amfoang Utara belum tersedia penginapan, untuk itu jika ingin menginap dapat menginap di rumah warga sekitar atau mendirikan tenda sendiri. Bagi yang ingin eksplor jangan lupa membawa bekal atau dapat juga berbelanja di toko sederhana yang ada disekitar wilayah Amfoang.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search