Selasa, 23 Maret 2021

GUA JEPANG LILIBA, KOTA KUPANG-NTT

 

Cukup banyak peninggalan bersejarah didaerah Kota Kupang yang menjadi saksi bisu jaman penjajahan. Peninggalan berupa situs meriam dan gua jumlahnya cukup banyak dan tersebar dibeberapa wilayah. Sayang sekali, tempat-tempat ini kebanyakan tak terurus dan terkesan dilupakan. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah situs Gua Jepang Liliba. Gua ini dibangun untuk mempertahankan diri dari serangan Belanda dan sekutunya sekitar tahun 1942. Memiliki 4 mulut gua yang menghadap aliran kali yang hanya berair saat musim hujan. Ke-empat gua ini memiliki lorong yang saling terhubung. Gua ini pernah saya jelajahi saat musim kemarau dengan menggunakan bantuan senter. Saat musim hujan, pada dua mulut gua keluar aliran air.

 Lokasinya berada diperbatasan Naimata, dan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tedapat dua pilihan untuk sampai ke sini yakni dari Oebufu, tepatnya kali Amanuban atau lewat daerah Sungkaen, Naimata.























LET'S VISIT AND KEEP CLEAN !!!!

Follow MY IG :

Nyonggalang

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search