Senin, 03 Agustus 2020

HENNA BEACH, KABUPATEN ROTE NDAO-NUSA TENGGARA TIMUR


Selain berenang, aktivitas seru lain yang dapat dilakukan di pantai adalah berfoto di sekitar batu karang. Salah satu pantai di Rote  yang menyuguhkan panorama batu karang yang indah dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang adalah Pantai Henna. Pantai ini memiliki banyak bebatuan karang menjulang tinggi baik disisi pantai maupun dari dalam laut yang akan membius pandangan kita. Pada salah satu batu karang di dalam laut terdapat salib yang di buat oleh salah satu gereja. Tak disaranakan untuk berenang karena gelombang lautnya cukup keras dan berbahaya. Kehadiran pepohonan nan hijau dan muara dengan panjang sekitar 100 meter yang ditumbuhi oleh pepohonan disekitarnya wajib untuk jelajahi. Menyusuri muara dengan perahu dapat anda lakukan, cukup membayar Rp. 5.000/orang. Dahulu daerah ini juga menjadi tempat pengambilan pasir oleh warga sekitar.
Nama Henna sendiri memiliki cerita, dimana dahulu daerah sekitar muara merupakan habitat buaya, yang menurut penuturan pernah memakan korban jiwa seorang nenek. Akhirnya masyarakat sekitar melakukan ritual perjanjian dengan buaya yang sekarang tidak pernah kembali lagi ke daerah ini. Karena menjadi habitat buaya, dahulu saat hendak ke daerah ini tak boleh sendirian atau harus “mamahenna”  untuk dapat saling menjaga yang dalam bahasa setempat yang disingkat menjadi Henna artinya “berharap” satu sama lain untuk saling menjaga.
Jarak pantai ini sekitar 16 kilometer dari Kota Ba’a dengan waktu sekitar 30 menit berkendaraan, akses jalannya tergolong baik. Letaknya di desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain setelah air terjun Oefamba dekat pabrik mata air Rote. Dari Ba’a melewati jalur persawahan Kapasiok, Baubafan, Oele, kantor desa Daleholu, Pabrik Mata Air Rote, SD Inpres Tuabuna. Sesudah 200 meter belok kiri melewati Kantor Desa Kolobolon. Jalan dari kantor desa ke pantai dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat dengan jalan sertu tanah putih sekitar 2-3 kilometer. Panorama sepanjang jalan dengan padang dan pepohonan bak savanna menjadi spot menarik untuk pengambilan gambar.  Saat hendak berkunjung, jangan lupa menghubungi Bapak Reaf Mbuik  untuk menyewa kapal serta menyediakan ikan bakar di nomor 081 246 825 709.
LET'S VISIT AND KEEP CLEAN !!!!

.
Doc. 1 Agustus 2010
.
.


Follow  MY IG  : Nyonggalang



Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search